Nih! Deretan Tips Agar Jualan Online di Tokopedia Laris Manis
Jika Anda memiliki toko online di Tokopedia, tentu tidak asing lagi dengan persaingan bisnis toko online di platform tersebut.
Di Tokopedia, hampir semua penjual adalah pemilik UMKM lokal yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia.
Untuk memastikan bisnis toko online Anda tetap berjalan dan terus berkembang, maka harus menerapkan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan penjual lainnya yang ada di Tokopedia.
Sebagai bagian dari strategi untuk bersaing dengan penjual lain di Tokopedia, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan di toko online Anda:
1. Branding Toko
Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.
Untuk mempertahankannya, sebuah toko online perlu untuk memiliki brand identity (identitas merek) yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek.
Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan agar toko online Anda selalu melekat di pikiran para calon pembeli.
2. Penulisan Nama Produk
Perhatikan dengan teliti setiap penulisan nama produk yang Anda jual. Dengan penulisan nama produk yang baik, maka potensi produk itu ditemukan di kolom pencarian oleh calon pembeli menjadi lebih besar.
Dalam hal penulisan nama produk, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.
Kedua, berikan nama produk dengan rumus: Jenis/kategori + Merek + Keterangan (model/pola, tipe, atau warna) + Kata Promosi.
Berikut contoh penulisan yang benar: Gitar Listrik Gibson Original Bahan Berkualitas.
3. Foto Produk yang Menarik
Foto produk merupakan senjata utama dalam toko online karena calon pembeli biasanya memutuskan membeli sebuah produk setelah melihat visual atau foto produk.
Berdasarkan survei, lebih dari 70% calon pembeli yang tertarik pada foto produk akan langsung mengeliminasi produk lain dari otak mereka.
Foto produk terbaik akan memberikan kesan indah pada pandangan pertama. Survei lain pun menyimpulkan 80% calon pembeli berhasil melakukan transaksi berdasarkan pandangan pertama.
Oh ya, untuk setiap foto produk yang digunakan, pastikan cahaya cukup dan gunakan background putih untuk menonjolkan kelebihan produk tersebut.
4. Deskripsi Produk yang Jelas dan Pasang Harga yang Kompetitif
Ketika ingin meng-upload produk baru yang ingin dijual, selalu berikan deskripsi yang singkat, padat, dan jelas sehingga mudah dibaca secara cepat serta tepat.
Paparkan juga manfaat dari produk (bukan fitur) yang dijual tersebut. Perlu diingat, hindari kata atau istilah yang bersifat subjektif.
Berikut contoh penulisan deskripsi yang benar:
Jaket Levi’s tersedia dalam 4 ukuran yaitu S, M, L dan XL dengan 3 varian warna yaitu merah maroon, biru dan hitam. Jaket ini memiliki 4 kantong untuk menyimpan ponsel, tablet, dompet, dan powerbank. Dilengkapi dengan hoodie dan sarung tangan serta tempat untuk menyimpan earphone.
Kemudian, pasang harga yang kompetitif. Dengan memberikan harga produk yang tepat, Anda bisa meningkatkan skor produk yang dijual sehingga mendorong kemungkinan iklan produk Anda muncul di halaman depan.
Hal ini akan semakin baik jika produk yang Anda jual dilengkapi dengan deskripsi produk yang lengkap dan jelas.
Terbukti, lebih dari 50% calon pembeli melakukan transaksi berdasarkan harga dan deskripsi produk yang ditampilkan.
5. Susun Etalase Toko dengan Rapi
Sama seperti di toko offline, pada toko online Anda juga harus menyusun etalase secara rapi. Apalagi jika Anda menjual banyak barang, menyusun etalase akan memudahkan calon pembeli Anda mencari barang.
Misalnya jika Anda berjualan pakaian, pisahkan etalase antara kaos, kemeja, dengan celana. Sehingga calon pembeli bisa langsung mengklik etalase “kaos” apabila mereka mencari kaos untuk dibeli.
6. Manfaatkan Fitur-fitur yang Tersedia
Anda bisa menggunakan fitur-fitur penjualan di Tokopedia, seperti TopAds untuk menjangkau pembeli lebih banyak lagi.
Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur Voucher Toko untuk memberikan keuntungan ke pembeli berupa cashback atau gratis ongkir.
Dengan fitur ini, Anda bisa dengan bebas menentukan periode, anggaran, dan jenis promo yang ingin dihadirkan.
Anda juga dapat membuat toko dan produk yang dijual lebih dikenal oleh banyak pembeli dengan memanfaatkan fitur Feed.
Posting Komentar untuk "Nih! Deretan Tips Agar Jualan Online di Tokopedia Laris Manis"